Cara Mendapatkan Kartu Kredit BCA Contactless

kartu kredit bca contactless

Kartu kredit BCA Contactless dapat membantu mempermudah Anda dalam melakukan transaksi. Tidak seperti kartu kredit pada umumnya, kartu kredit dengan fitur contactless dapat mempercepat proses transaksi.

Berikut ini uraian singkat tentang fitur contactless Kartu Kredit BCA, serta bagaimana cara mendapatkannya.

Apa Itu Kartu Kredit Contactless ?

Apa Itu Kartu Kredit Contactless

Terjemahan langsung dari contactless artinya tanpa kontak atau sentuhan. Sehingga, kartu kredit contactless merupakan kartu kredit yang dapat Anda gunakan untuk melakukan transaksi tanpa sentuhan.

Kartu kredit contactless menggunakan teknologi identifikasi frekuensi radio (RFID) dan komunikasi jarak dekat (NFC) untuk memproses transaksi. Ini sebabnya, untuk melakukan transaksi dengan kartu kredit jenis ini, Anda cukup melakukan tap atau mendekatkan kartu ke mesin EDC.

Berbeda dengan kartu kredit konvensional yang perlu Anda gesek atau masukkan ke dalam mesin EDC setiap akan melakukan transaksi, dengan kartu kredit contactless, semua transaksi akan menjadi lebih cepat dan praktis.

Keunggulan Fitur Contactless Kartu Kredit BCA

Keunggulan Fitur Contactless Kartu Kredit BCA

Selain lebih praktis pada saat melakukan transaksi, ada beberapa keunggulan dari Kartu Kredit BCA yang memiliki fitur contactless.

1. Lebih Aman

Untuk melakukan transaksi dengan kartu contactless, Anda tidak perlu menyerahkan kartu kepada petugas. Dengan demikian peluang terbacanya informasi sensitif dari kartu kredit milik Anda menjadi lebih kecil.

2. Lebih Cepat

Kartu kredit dengan fitur contactless bekerja jauh lebih cepat dari pada kartu kredit biasa. Karena melalui proses membaca data dan mendapatkan konfirmasi dengan cara konvensional rawan gagal dan membutuhkan waktu lebih lama.

Sebagai perbandingan, kartu yang menggunakan chip contactless hanya membutuhkan waktu beberapa detik.

3. Mengurangi Kontak dengan Permukaan Umum

Pandemi Covid-19 telah membuat kebiasaan untuk memperhatikan sanitasi permukaan publik yang kita sentuh. Fitur Contactless Kartu Kredit BCA membantu menghindari lebih banyak titik kontak.

4. Lebih Awet

Metode menggesek pada kartu kredit biasa akan membuatnya lebih cepat aus. Strip magnetik dan chip EMV dapat aus akibat kontak berulang dengan terminal pembayaran. Sebaliknya, kartu dengan contactless tidak akan mengalami masalah ini.

5. Lebih Baik untuk Perjalanan Luar Negeri

Teknologi chip dan PIN telah menjadi standar baru, khususnya pada wilayah Eropa dan Australia. Jika Anda tidak memiliki kartu dengan teknologi Chip dan PIN, menggunakan kartu kredit contactless akan memudahkan Anda saat melakukan pembayaran.

Cara Mendapatkan Kartu Kredit BCA Contactless

Cara Mendapatkan Kartu Kredit BCA Contactless

Jika Anda pemilik Kartu Kredit BCA selain dari jenis American Express, UNIONPAY, JCB Black, Anda tidak perlu mengaktifkan fitur contactless terlebih dahulu. Karena fitur ini sudah langsung aktif. Sedangkan jika Anda pemilik kartu Visa dan Mastercard BCA, Anda perlu lebih dahulu melakukan aktivasi fitur contactless untuk menggunakannya.

Cara mengaktifkan fitur contactless kartu Visa dan Mastercard BCA cukup mudah.

  • Anda hanya perlu melakukan satu kali transaksi dengan menggunakan pin pada mesin EDC atau ATM.
  • Setelah itu fitur ini baru aktif dan dapat Anda gunakan pada EDC dengan fasilitas contactless.

Fitur Contactless Kartu Kredit BCA

Fitur Contactless Kartu Kredit BCA

Contactless pada dasarnya merupakan fitur tambahan pada Kartu Kredit BCA. Jadi, berbagai jenis kartu kredit dari BCA bisa mendapatkan fitur ini. Bahkan pada jenis tertentu seperti American Express, UNIONPAY, JCB Black, fitur ini sudah otomatis tersedia.

Sedangkan bagi pemilik kartu kredit berjenis Visa dan Mastercard, Anda perlu melakukan aktivasi fitur contactless terlebih dahulu.

Walaupun ada beberapa jenis Kartu Kredit BCA Contactless, pada umumnya fitur tersebut memiliki batasan yang sama, yaitu sebagai berikut.

1. Nominal Transaksi Tanpa PIN Dibatasi

Kebijakan perbankan Indonesia membatasi besar nominal transaksi tanpa PIN maksimal Rp1.000.000. Sedangkan transaksi dengan nominal lebih dari satu juta Rupiah perlu menggunakan pin.

Ini membuat pembayaran maksimal yang dapat Anda lakukan dengan fitur contactless pada Kartu Kredit BCA tidak boleh melebihi batasan tersebut.

2. Limit Harian Terbatas

Selain nominal transaksi, limit pemakaian fitur contactless pada Kartu Kredit BCA juga terbatas. Dalam satu hari, Anda hanya dapat bertransaksi sebesar Rp3.000.000 dengan frekuensi maksimal 10 kali.

3. Perlu Ekstra Waspada

Selain praktis dan cepat, fitur contactless juga memiliki risiko karena dapat melakukan transaksi tanpa PIN. Siapa saja dapat melakukan transaksi dengan kartu ini, selagi nilainya tidak melebihi Rp1 juta.

Dengan demikian bagi pemilik kartu kredit BCA dengan fitur contactless perlu lebih berhati-hati saat menyimpan kartunya, agar tidak sampai jatuh ke tangan yang tidak bertanggung jawab.

Penutup

Kartu kredit BCA Contactless memang dapat mempercepat dan memudahkan dalam melakukan transaksi. Bagi pengguna kartu kredit Visa dan Mastercard BCA Anda perlu melakukan aktivasi fitur contactless terlebih dahulu.

Selain itu Anda perlu lebih berhati-hati terutama saat menyimpan kartu contactless BCA milik Anda. Karena kartu tersebut dapat digunakan untuk bertransaksi tanpa konfirmasi PIN terlebih dahulu. Dengan demikian siapa saja yang memegang kartu tersebut dapat melakukan transaksi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *