Cara Setor Tunai BRI

3 Cara Setor Tunai BRI Lewat ATM & Bank (Rekening lain, Sendiri) 2020

Posted on

Cara setor tunai BRI kini sudah diterapkan banyak nasabah, karena menawarkan kemudahan untuk menabung tanpa harus mendatangi kantor bank cabang langsung. Dengan adanya mesin CDM yang bisa digunakan menyetorkan sejumlah uang tunai,

Mesin CDM ini merupakan sebuah alat yang sudah tersedia di mesin atm di bank bri, namun keberadaan lokasi mesin atm setor tunai tidak di semua tempat ada.

Hanya terdapat di tempat-tempat khusus seperti halaman kantor bank yang sudah tersedia.

Oleh sebab itu tidak semua mesin atm bri bisa dioperasikan untuk melakukan setor tunai, berbagai kemudahan yang ditawarkan oleh bank bri salah satunya adalah pengisian saldo atm tanpa ke teller bank,

Namun anda harus tetap hati- hati dalam melakukan berbagai transaksi di media digital agar tidak menimbulkan kerugian bagi diri pribadi,

Dengan cara setor tunai di atm Anda pun tidak harus antri berdesak-desakan.

Berapa minimal setor tunai BRI? Minimal setor tunai di bank bri sebanyak 50.000. jadi ketika anda akan melakukan setor tunai di atm bri minimal bawa pecahan Rp.50.000, bukan pecahan di bawah 50.000 yang kalo di jumlah semuanya 50 ribu.

Baca Juga: 6 Cara Cek Nomor Rekening BRI Lewat Hp & ATM

Cara Setor Tunai BRI

Mungkin banyak mengira kalau cara tersebut bisa dilakukan di semua mesin atm, dalam pikirkan mereka mungkin yang terpenting itu merupakan atm bri. Jadi bisa dilakukan dimana saja.

Akan tetapi sebenarnya mesin atm yang bisa digunakan setor tunai adalah mesin yang sudah terintegrasi dengan mesin CDM. Inilah alasan mengapa tidak semua mesin atm yang berlabel bank bri tidak bisa dioperasikan untuk setor uang.

Baca Juga: 5 Cara Transfer Uang Lewat ATM Bri Ke Semua Bank

Cara Setor Tunai BRI Lewat ATM

Cara Setor Tunai BRI Lewat ATM

Pengoperasian mesin CDM memang serupa mesin ATM pada umumnya. Perbedaannya hanya terletak pada fungsinya, yaitu tidak dirancang untuk mengeluarkan melainkan cukup memasukkan uang saja.

Pastikan dulu saat ingin melakukan setor tunai tidak salah masukan ke mesin atm untuk penarikan uang yah.

Pasalnya bentuk fisik mesin atm penarikan uang dan mesin CDM tidak jauh berbeda.Inilah cara setor tunai menggunakan mesin tersebut:

  1. Siapkan uang tunai
  2. Pastikan uang tidak sobek dan terlipat
  3. Lalu Cari ATM BRI setor tunai terdekat
  4. Masukkan ke dalam mesin atm
  5. Pilih bahasa (bisa Inggris/ Indonesia)
  6. Kemudian Masukkan uang ke dalam mesin CDM
  7. Setelah itu Klik menu Setor Tunai
  8. Klik menu Lanjutkan
  9. Tekan Setor untuk menyetujui
  10. Proses selesai

Setelah tahap-tahap tersebut dilakukan, mesin CDM secara otomatis akan menghitung nominal uang yang Anda setor.

Jika sudah tepat, maka akan masuk ke dalam rekening. Adapun jenis uang yang bisa dimasukkan ke rekening melalui setor tunai adalah 50 an dan 100 an ribu rupiah.

Simpan struk bukti setoran tunai anda baik-baik, sebagai bukti bahwa telah berhasil. kalau sewaktu-waktu terjadi masalah seperti saldo tidak bertambah.

Maka anda bisa melampirkannya sebagai bukti pengaduan bahwasannya transaksi transfer tunai bri ke rekening sudah dilakukan.

Baca Juga: 2 Cara Membuat Kartu Kredit BRI Cepat Disetujui & Jenisnya

Cara Setor Tunai BRI Lewat Teller Bank

Cara Setor Tunai BRI Lewat Teller Bank

Jika Anda takut jika terjadi kesalahan saat mengoperasikan mesin CDM/ATM, karena merasa masih baru pertama kali mencoba setor tunai terlebih lagi jika tidak ada yang membantu,

Ditakutkan melakukan kesalahan sehingga menyebabkan kerugian yang tidak sedikit.

Maka menyetor tunai bisa dilakukan dengan aman melalui teller di kantor cabang BRI yang akan dibantu langsung oleh customer service. Akan tetapi cara ini memakan waktu yang lebih lama karena mengharuskan mengantri terlebih dahulu.

  • Ambil nomor antrian dan slip setoran warna biru
  • Isi data pada slip setoran

Pastikan data pada slip setoran berwarna biru benar. Isi sesuai dengan petunjuknya seperti nama pemilik rekening, nomor rekening, nama dan alamat penyetor, mata uang beserta nominal yang akan disetorkan.

  • Tunggu nomor antrian dipanggil
  • Berikan uang cash bersama formulir dan buku tabungan
  • Tunggu teller memprosesnya
  • Setor tunai berhasil

Cara Setor Tunai BRI Ke Rekening lain

Untuk yang satu ini cukup berbeda yaitu setor tunai ke rekening orang lain, berarti anda akan menyetorkan sejumlah uang tunai ke nomor rekening lain yang bukan milik anda sendiri.

Di cara ini hanya bisa dilakukan lewat kantor bank melalui teller tidak dapat dioperasikan lewat mesin atm bri, berikut langkahnya yang bisa di coba di bank tempat anda.

  1. Siapkan uang tunai yang ingin diserahkan
  2. Datang ke kantor bank bri terdekat
  3. Ambil formulir penyetoran dengan warna slip biru
  4. Isi formulir dengan data informasi diri
  5. Isi nomor rekening dengan yang dituju (rekening orang lain)
  6. Tunggu nomor panggilan antrian
  7. Ketika sudah di panggil, berikan berkas formulir dan uang cash
  8. Anda akan mendapatkan bukti setor tunai
  9. Selesai

Pada saat mengisi nomor rekening pastikan kepunyaan orang yang anda tuju, sedangkan pada bagian nama pengirim silahkan di isikan dengan nama penyetor yaitu kalian.

Di tahap isi data formulir selain menuliskan nomor rek yang dituju, ada juga nama pemilik rekening, alamat penyetor dan tanda tangan penyetor uang.

Intinya, untuk menambah saldo atm sudah bisa dilakukan sendiri dengan cara setor tunai BRI. sebab kini bisa Anda lakukan dengan mudah.

Jika ingin proses transaksi lebih sederhana tanpa menunggu antrian dan memakan waktu yang cukup panjang maka dapat menggunakan mesin ATM BRI khusus setor tunai.

Namun apabila takut mengalami kesalahan selama pengoperasioan, mengunjungi kantor cabang dapat menjadi solusinya.

Baca Juga: 5 Cara Daftar Mobile Banking BRI & Aktivasi Di Hp Android

Hal Yang Diperhatikan Saat Setor Tunai BRI Dimesin ATM

  • Uang Tidak Terlipat

Lakukan pengecekan terlebih dahulu saat memasukan uang tunai ke mesin atm di takutkan uang yang akan di masukan terlipat, apabila terlipat maka kemungkinan besar akan gagal atau tidak terhitung dengan baik oleh mesin CDM.

  • Gangguan Sistem ATM

Hal ini juga sering terjadi, biasanya saat-saat begini di jam offline bank, oleh sebab itu sebagai nasabah bank bri harus tahu kapan jadwal offline atau maintenance bri,

Pada jam offline semua jenis transaksi yang menggunakan mesin atm tidak dapat diproses saat itu juga.

  • Mesin ATM Bank Tidak Sama

Terkadang di keadaan tertentu kita kehilangan fokus yang dapat menyebabkan kesalahan. Nah dari situs sebelum setor tunai pastikan mesin atm CDM yang di pakai sama dengan bank anda.

  • Pastikan ATM Aman

Yang namanya setor tunai pastinya membawa uang cash, nah dari situ kalian harus berhati-hati pada sekitar, sebab kejahatan ada karena ada kesempatan.

  • Pastikan Saldo Sudah Masuk

Apabila telah selesai setor tunai bri lewat atm dan struk sudah tercetak maka sebelum meninggalkan lokasi atm pastikan cek saldo rekening dulu,

Kalau saldo belum juga bertambah silahkan hubungi call center bri atau langsung datang ke kantor bri terdekat.

Tips terakhir yang sering di saran oleh banyak pakar informatika bahwa yang berkaitan dengan akun bersandi atau pin harus melakukan penggantian pin secara berkala, supaya keamanan akun bank tetep terjaga ke rahasiannya.

Ahir Kata

Itulah kira-kira cara setor tunai bri lewat atm ataupun datang ke kantor bank secara langsung,

Berbagai cara di atas bisa dipilih berdasarkan situasi dan kondisi masing-masing.

Kalau anda tidak memiliki waktu luang yang cukup untuk datang ke bank, silahkan menggunakan mesin atm cdm, akan tetapi jika cukup banyak waktu luang lebih baik datang ke kantor bank agar lebih aman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *