Cara Melihat User ID BCA Sendiri dengan Mudah

cara melihat user ID BCA

ID pengguna sangatlah penting bagi pengguna layanan finansial digital seperti BCA Mobile atau KlikBCA. Tanpa ID, nasabah tidak dapat mengakses produk keuangan perbankan. Lalu, bagaimana jika lupa ID? Bagaimana cara melihat user ID BCA milik sendiri?

Yuk, baca penjelasan detailnya di sini!

Cara Mengecek User ID BCA

Cara Mengecek User ID BCA

User ID BCA adalah nama pengguna yang nasabah gunakan untuk mengakses layanan perbankan elektronik seperti mobile banking atau internet banking melalui HP.

Untuk mendapatkan ID pengguna ini, nasabah perlu mendaftar dan mengaktifkannya di kantor BCA terdekat atau melalui mesin ATM. ID ini nantinya bisa Anda gunakan untuk mengakses echannel BCA.

Umumnya, ID berupa kombinasi angka dan huruf yang terdiri antara 6 hingga 21 karakter. Kombinasi user ID ini diambil dari data kelahiran nasabah.

Contoh user ID BCA adalah Muhagus2387, Fn2356, Ani2020, dan lain-lain.

Namun bagaimana jika lupa ID-nya?

Nah, dengan adanya KlikBCA atau BCA Mobile, ini akan sangat memudahkan kegiatan keuangan Anda. Seperti pembayaran belanja dan tagihan hingga transfer uang, termasuk saat lupa user ID yang mengakibatkan terhambatnya transaksi.

Jika Anda mengalaminya, jangan panik dan usahakan tetap tenang. Setelahnya, lakukan beberapa cara cek user ID BCA berikut.

1. Cek Email

Sewaktu registrasi untuk pertama kalinya, pihak bank akan meminta alamat surat elektronik Anda yang aktif. Surel ini, sangat bermanfaat saat proses aktivasi sebab sistem akan mengirimkan status aktivasi melalui email. Selain itu, sistem juga akan mengirimkan jurnal transaksi melalui email.

Apabila status proses registrasi dan aktivasinya berhasil, sistem akan mengirimkan email berupa status aktivasi berhasil beserta informasi ID pengguna.

Nah, bagi Anda yang melupakan ID, bisa cek history inbox.

Jika tidak sabar, ketikkan user ID BCA di kolom pencarian dan tunggu hasilnya.

Cara mengetahui user ID KlikBCA ini bisa Anda lakukan jika histori pesan masuk masih tersimpan alias belum terhapus.

Namun, jika sudah terhapus, lakukan langkah kedua ini.

2. Call Center

Cara mengetahui user ID BCA yang kedua, yakni menelepon call center BCA di 1500888.

Sebelum menelepon, sebaiknya siapkan pulsa yang cukup, nomor rekening, nomor ponsel yang digunakan untuk mendaftar, dan beberapa jawaban untuk pertanyaan lain dari pihak bank.

Apabila jawabannya sesuai dengan data maka pihak bank akan memberitahukan user ID milik Anda.

3. Halo BCA

Merasa berat dengan pulsa yang akan terpakai untuk menghubungi call center?

Jika, ya, Anda bisa menggunakan aplikasi Halo BCA. Meski tidak menggunakan pulsa, Anda harus memiliki kuota. Sebab Anda membutuhkan data internet untuk mengaksesnya. Jadi, pastikan jika koneksi internet stabil sebelum menghubungi.

Sama seperti cara kedua, Anda juga perlu menyiapkan nomor rekening dan beberapa jawaban untuk pertanyaan terkait data lainnya. Jika benar maka sistem akan memberikan user ID Anda.

4. Inquiry User ID di ATM

Selain itu, Anda juga bisa mengecek user ID BCA menggunakan mesin ATM BCA terdekat.

  • Pertama-tama, masukkan kartu ATM Anda pada slot kartu di mesin ATM.
  • Lalu masukkan 6 digit PIN ATM. Pastikan untuk memasukkan password dengan benar. Sebab tiga kali memasukkan salah, kartu akan terblokir.
  • Selanjutnya cermati pilihan menu yang layar tampilkan.
  • Pilihlah “e-banking” atau autodebet, kemudian internet banking.
  • Apabila Anda pernah melakukan registrasi KlikBCA maka sistem akan menampilkan informasi akun berisi user ID di layar.
  • Setelahnya, Anda bisa mencatat nama pengguna tersebut.

Di sisi lain, pendaftaran ebanking juga bisa Anda lakukan menggunakan mesin ATM. Nantinya, Anda bisa memperoleh print out berisi user ID setelah proses pembuatan selesai.

5. Mengunjungi Kantor BCA Terdekat

Terakhir dengan mendatangi kantor bank BCA terdekat untuk mendapatkan user ID.

Namun, Anda membutuhkan buku tabungan, kartu identitas, dan kartu ATM.

Cara terakhir ini juga bisa Anda pakai saat akun terblokir. Akun dapat terblokir karena tiga kali berturut-turut salah memasukkan user ID dan pin.

Di sisi lain, akun yang terblokir mengharuskan Anda untuk me-reset-nya. Anda bisa mendatangi kantor cabang terdekat, menghubungi call center, atau registrasi ulang lewat mesin ATM.

Agar tidak terulang insiden lupa ID ini, Anda bisa log out setelah melakukan transaksi dan login secara berkala.

Atau mencatatnya di kertas atau buku yang hanya Anda yang bisa mengetahuinya. Pastikan untuk tidak memberitahukan user ID kepada orang lain dan akses selalu menggunakan perangkat pribadi Anda.

Kesimpulannya, cara melihat user ID BCA bisa Anda lakukan dengan 5 cara, yaitu memanfaatkan pesan masuk email, call center, aplikasi Halo BCA, inquiry user ID di mesin ATM, dan mendatangi kantor cabang terdekat.

Anda bisa memilih salah satu cara paling mudah dari 5 cara di atas. Apabila Anda mengalami masalah ebanking lain, bisa kunjungi akun Twitter @HaloBCA, call center, atau kantor terdekat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *