3 Cara Ganti Pin SMS Banking BRI Mudah dan Cepat 2023

Cara Ganti PIN SMS Banking BRI

Cara ganti pin SMS banking BRI sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah. Apalagi pin memang sangat rentan untuk dilupakan atau bahkan dibobol. Untuk itu, supaya lebih jelas dalam memahami ada beberapa ulasan pentingnya.

Cara Ganti PIN SMS Banking BRI

Sebagai nasabah bank BRI yang telah terdaftar dalam layanan SMS banking, maka Anda harus mengetahui cara ganti pin tersebut. Sebab, para pemilik akun seperti ini biasanya rentan lupa. Selain itu, pergantian secara berkala sendiri juga dianjurkan untuk alasan keamanan akun. Oleh karena itu, sangat penting mengetahui cara mengubah pin sendiri.

Cara Ganti PIN SMS Banking BRI 

1. Cara Ganti PIN SMS Banking BRI Di Bank

Pergi ke kantor bri terdekat untuk anda yang masih bingung dan punya waktu luang guna mengganti pin sms banking, Selain itu kalau lewat bank lebih mempermudah proses merubah pin, Pasalnya akan langsung ditangani oleh admin yang bersangkutan, saat disana nantinya akan mendapat sedikit pertanyaan seputar informasi kepemilikan rekening.

Ubah PIN ATM? 4 Cara Mengubah PIN ATM BRI Lewat HP & ATM Lengkap

Bagusnya lagi ngerubah pin cepat selesai, siapkan pin baru sebagai pengganti dengan kombinasi huruf dan angka serta mudah diingat oleh anda sendiri.Bawa dokumen persyaratan berikut KTP, Kartu ATM, Buku Tabungan dan Smartphone serta nomor yang digunakan ke sms banking. Berikut ini tutorial cara merubah pin SMS Banking BRI yang harus Anda ketahui

  • Datangi kantor cabang BRI terdekat
  • Siapkan buku tabungan dan kartu ATM
  • Bawa identitas diri (KTP atau SIM)
  • Siapkan nomor telepon terdaftar
  • Ikuti antrian teller
  • Katakan jika ingin mengganti pin
  • Ikuti instruksi customer service
  • Tunggu 20 menit dan proses selesai

Pada dasarnya mengubah pin SMS banking BRI memang sangat mudah. Sebab, Anda hanya perlu mengikuti instruksi dari customer service dan mereka juga akan memandu secara langsung. Prosesnya pun tidak akan lama, yaitu hanya sekitar 20 menitan saja.

Mau Beli Token? 3 Cara Beli Token Listrik Lewat Sms Banking Bri, Mobile Banking, Internet Banking

2. Cara Ganti PIN SMS Banking BRI Di HP

Mengubah pin bisa lebih mudah lewat hp dengan format sms tertentu, namun apabila lebih suka ke menggantinya di bank juga tidak masalah, Karena tidak semua nasabah bri paham akan perkembangan teknologi, jadi daripada menimbulkan kesalahan dan kerugian pengguna. Lebih baik minta bantuan customer service, yuk ikuti langkah-langkahnya di bawah:

Cara Ganti PIN SMS Banking BRI Di HP 

  • Gunakan Hp Yang terdaftar sms banking
  • Lalu Buka menu pesan atau sms
  • Isi Format sms berikut:
  • PIN (spasi) PIN BARU (spasi) PIN lama
  • Kemudian Kirim Ke 3300
  • Contoh Penulisan: PIN 765876 098765 KE 3300
  • Jika sudah, ada Balasan “Ubah Pin Berhasil
  • Selesai

Apabila telah berubah silahkan lakukan percobaan transaksi guna memastikan kalau pin benar-bener sudah berganti. Jika belum ada sms balasan dari 3300 maka pastikan pulsa anda cukup dan lihat sinyal ponsel apakah jaringan tersedia atau tidak.

Yuk Cairkan Deposito 2 Cara Mencairkan Deposito BRI & Suku Bunga

Penyebab gagalnya penggantian pin sms banking biasanya karena pulsa tidak cukup, gangguan sistem bri, format yang salah dan Masih banyak faktor lain. oleh sebab itu kalau menemukan masalah cukup melakukan panggilan ke call center bri 14017 dan 1500017 aktif selama 24 jam, Utarakan masalah anda nanti pihak call center akan memberikan arahan terkait itu.

3. Cara Ganti Pin SMS Banking BRI Lewat ATM

Sedikit orang mengetahui bahwa ternyata nasabah bisa mengganti pin sms banking mereka melalui ATM. Caranya pun mudah, seperti melakukan transaksi pada umumnya. Penggantian pin ini juga tidak membutuhkan buku tabungan atau identitas, hanya menggunakan kartu ATM. Simak panduan lebih lanjut di sini.

  • Masuk ke bilik ATM BRI
  • Masukkan kartu dan pn ATM
  • Pilih menu lainnya
  • Pilih menu registrasi dan info lain
  • Kemudian pilih menu mobile banking
  • Masukkan nomor handphone yang tersambung dengan mobile banking
  • Masukkan pin sms banking lama
  • Masukkan pin sms banking yang baru
  • Transaksi berhasil

Itulah cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk mengubah pin sms banking melalui ATM. Pastikan pin sms banking yang baru bukanlah nomor familiar dalam hidup nasabah. It harus menjadi nomor acak yang mudah nasabah ingat namun sulit bagi orang lain. Melalui nomor acak ini maka pin sms banking tidak akan mudah diketahui oleh banyak orang asing.

Bagaimana Jika PIN Terblokir?

Masalah pin sebenarnya bukan hanya lupa saja. Misalnya saja tiba-tiba terblokir karena ketika mengetikkannya sampai 3 kali tetatpi tetap salah. Jika demikian kasusnya, maka bagaimana cara mengubahnya? Sebenarnya caranya sama persis atau tidak jauh berbeda seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.

Bagaimana Jika PIN Terblokir? 

Mudah Cek saldo! 3 Cara Cek Saldo BRI Simpedes Online

Jadi, Anda hanya perlu menilik kembali penjelasan tersebut kemudian sesegera mungkin mendatangi kantor cabang untuk mengurusnya. Selain itu, sangat pengurusan Anda juga tidak akan terkena biaya administrasi apapun, kecuali materai 6000.

Bisanya mereka sudah menyediakannya. Namun, jika belum maka nasabah sendiri yang harus membawanya. Dengan cara ganti pin SMS banking BRI yang mudah seperti itu sehingga tidak ada alasan lagi untuk kehilangan akun. Apabila hal tersebut terjadi pada Anda, maka sesegera mungkin untuk mengurusnya ke kantor cabang terdekat.

Berbagai Alasan Ganti Pin SMS Banking BRI

Ada beberapa hal yang biasanya menjadi alasan nasabah untuk mengganti pin atm atau sms banking mereka. Misalnya seperti meningkatkan sistem keamanan, lupa dengan pin sebelumnya, atau mengalami pin terblokir. Berikut penjelasan lebih lanjut tentang banyak alasan bagi nasabah dalam mengganti pin sms banking mereka.

Berbagai Alasan Ganti Pin SMS Banking BRI 

1. Rutinitas Keamanan

Pihak bank dan bahkan Bank Indonesia itu sendiri menyarankan masyarakat untuk mengganti pin mereka secara rutin. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan sistem keamanan dan terhindar dari pembajakan. Penggantian pin itu sendiri tidak hanya berlaku untuk sms banking namun juga mobile banking dan ATM.

Usahakan tidak menggunakan angka yang sama dan bahkan berkaitan erat dengan kehidupan pribadi. Misalnya seperti tanggal lahir, tanggal pernikahan, nomor rumah, atau bahkan potongan digit nomor telepon. Pastikan anda mengganti pin baru dengan angka secara acak sehingga tidak ada orang yang mudah menebaknya.

2. Lupa Pin

Banyak dari masyarakat yang lupa dengan pin rekening mereka dan biasanya ini tidak hanya berlaku pada sms banking namun juga fasilitas perbankan lainnya. Penyebab dari lupa pin itu sendiri bisa bermacam-macam, misal pin yang rumit dan tidak nasabah catat.

Lupa Pin 

Nasabah bisa juga mengalami lupa pn karena jarang menggunakan fasilitas perbankan, bahkan ATM sekalipun. Jadi wajar saja apabila mengalami kelupaan ini dan ketika itu terjadi maka harus segera mengurusnya. Terlebih lagi jika memang sudah lama tidak menggunakan rekening, khawatir akan berakhir pada masa pasif dan mati.

3. Pin Terblokir

Biasanya pin yang terblokir merupakan buntut dari masalah lupa pin karena nasabah mencoba sebanyak 3 kali. Apabila selama kesempatan 3 kali input pin itu tetap salah maka rekening akan dengan otomatis terblokir. Langkah utama untuk mengatasi hal ini ialah segera menghubungi pihak bank melalui telepon.

Sampaikan pada pihak bank bahwa terjadi kekeliruan input pin oleh Anda sendiri. Nanti pihak bank akan membantu pembukaan blokir setelah melakukan verifikasi identitas. Kemudian nasabah bisa membuat pin baru, biasanya diarahkan melalui ATM atau mobile banking.

4. Terdeteksi Pembajakan

Penggantian pin karena masalah terdeteksi pembajakan ini biasanya sangat jarang terjadi. Namun beberapa nasabah memang mengalaminya dan mereka segera menghubungi bank. Adapun deteksi atau anda pembajakan tentu akan datang langsung melalui notifikasi sms. 

Terdeteksi Pembajakan 

Jika Anda mendapatkan notifikasi ini maka harus segera hubungi bank untuk melakukan pemblokiran rekening lebih dulu. Kemudian dengan segera mengurus penggantian pin sms baru, jangan lupa untuk ganti pin juga di fasilitas ATM dan mobile banking.

Perhatikan Hal Ini Saat Membuat Pin SMS Banking Baru

Cara ganti pin sms banking BRI memang sangat mudah, bahkan tidak perlu menghubungi customer service. Namun dalam penggantiannya, nasabah tetap harus memperhatikan beberapa hal penting. Tentu tujuannya untuk semakin menambah tingkat keamanan pin perbankan, baik itu sms, mobile, atau internet banking.

Perhatikan Hal Ini Saat Membuat Pin SMS Banking Baru 

1. Tidak Menggunakan Angka yang Berkaitan

Jangan pernah menggunakan angka yang berkaitan dengan kehidupan pribadi. Sebelumnya penulis juga sudah memberikan informasi tentang hal ini. Adapun maksud dari angka yang berkaitan ialah seperti tanggal lahir, nomor identitas, atau potongan nomor telepon.

Hal ini berlaku juga dengan pasangan, maksudnya tidak menggunakan angka yang berkaitan dengan pasangan atau orang terdekat Anda. Sayangnya masih banyak orang yang melakukan hal ini padahal bis melemahkan tingkat keamanan pin.

2. Tidak Menggunakan Urutan Angka

Urutan angka memang akan sangat mudah diingat, baik itu secara maju atau terbalik. Namun ketika digit pin mudah diingat maka sama saja artinya mudah di tebak oleh orang lain. Ketika orang lain mudah menebak maka ada kemungkinan pula untuk membobol sms banking.

Tidak Menggunakan Urutan Angka 

Berdasarkan hal itulah bank menyarankan untuk tidak menggunakan deretan angka secara urut. Bahkan meskipun itu memiliki kelipatan atau algoritma. Penggunaan algoritma tetap memiliki potensi mudah ditebak oleh banyak orang dan tentu masuk ke dalam pin berbahaya.

3. Tidak Menggunakan Angka Berpola

Maksud dari angka berpola ialah mengacu pada keypad atau keyboard angka yang beredar. Biasanya keypad angka akan berupa 0 di baris paling bawah, kemudian diatasnya 1 2 3 dan berlanjut hingga deretan teratas 7 8 9. Saran dari perbankan ialah untuk tidak menggunakan pola keypad.

Contoh pola keypad yang dimaksud adalah seperti dari kiri ke kanan kemudian lanjut ke bari satasnya yang artinya pin menjadi 123654 atau sebaliknya. Hal ini juga berlaku untuk pola diagonal atau pola lain yang menuntun pada kemudahan orang lain dalam membajak pin Anda.

4. Tidak Menggunakan Inisial

Angka bisa menjadi inisial dari beberapa huruf, misanya seperti 5 untuk S, 3 untuk E, 1 untuk I, dan lain sebagainya. Menggunakan angka inisial untuk pin ini juga dapat menuntun orang untuk mudah menebak pin Anda. Mereka hanya perlu menerjemahkan setiap huruf nama pemilik rekening ke dalam bentuk angka.

Tidak Menggunakan Inisial 

Bahkan hal ini bisa menjadi lebih mudah apabila nama inti atau nama panggilan pas tersedia dalam 6 huruf yang mana sama dengan 6 digit pin sms banking. Guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan sudah pasti lebih baik hindari penggunaan inisial nama. Pastikan Anda menggunakan angka yang sangat acak untuk membuat pin sms banking BRI yang baru.

5. Menggunakan Angka Secara Acak

Penulis sudah menyampaikan bahwa pihak bank sangat merekomendasikan menggunakan angka secara acak untuk menjadi pin sms banking atau ATM nasabah. Angka acak ini bisa Anda pilih berdasarkan keinginan atau menyatukan beberapa angka yang berkesan. 

Menggunakan Angka Secara Acak

Misalnya seperti digit pertama menggunakan angka pertama tanggal lahir, kemudian selanjutnya inisial nama, dan dilanjut lagi dengan angka lainnya. Jadi kode ini hanya Anda yang dapat memahami artinya, di sisi lain juga tidak membuat nasabah mudah lupa dengan pin baru mereka sendiri.

Demikianlah pembahasan mengenai sms banking semoga bisa memberikan solusi pada anda yang terkendala dalam mengubah pin bri, sekian terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *