Mengenal Sejarah Bank Banten hingga Produk Terkininya yang Menarik

Bank Banten sebuah bank di Indonesia dan merupakan salah satu dari dua bank milik pemerintah provinsi Banten

PT Bank Pembangunan Daerah Banten Tbk, atau kemudian menggunakan nama dagang Bank Banten, adalah salah satu bank di Indonesia. Lembaga keuangan ini Bank ini menjadi salah satu dari dua lembaga keuangan kepunyaan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten, selain Bank BJB.

Sebelumnya, lembaga keuangan ini menggunakan nama Bank Eksekutif untuk periode 1992 hingga 2010, dan Bank Pundi pada 2010 hingga 2016. Lalu, pada 29 Juli 2016, resmi menggunakan nama sekarang, dan memiliki kantor pusat yang berada di Serang, Banten.

Sejarah Bank Banten

Bank Banten adalah bank publik non devisa dengan kode emiten IDX : BEKS. Berdasarkan akta perseroan nomor 34 tertanggal 11 September 1992, perseroan ini memiliki nama PT Executive International Bank

Perseroan ini kemudian beroperasi dengan format bank umum di Jakarta, tepatnya pada 9 Agustus 1993. Hal ini berdasarkan SK Menteri Keuangan RI nomor 673 tertanggal 23 Juni 1993, mengenai pemberian izin usaha lembaga keuangan tersebut.

Perubahan

Seiring perkembangannya, lembaga keuangan ini melakukan beberapa perubahan. Termasuk nama, menjadi PT Bank Eksekutif Internasional. Kemudian, anggaran dasar perseroan juga mengalami penyesuaian pada 2009.

Lalu, nama perseroan kembali mengalami perubahan nama menjadi PT Bank Pundi Indonesia pada 2010. Termasuk pada 2015, terjadi pula perubahan pada sisi anggaran dasar perseroan. Perubahan ini masuk ke dalam database sistem administrasi di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) RI pada tahun yang sama.

Pada 2016, kembali terjadi perubahan anggaran dasar pada perseroan, berkaitan dengan pergantian nama. Semula, dari PT Bank Pundi Indonesia Tbk ke PT Bank Pembangunan Daerah Banten Tbk. Selanjutnya, disingkat sebagai Bank Banten dalam akta tertanggal 14 Juni 2016. 

Perseroan secara resmi beroperasi dengan nama PT. Bank Pembangunan Daerah Banten, Tbk. Hal tersebut sejalan dengan adanya akuisisi oleh Pemprov Banten lewat PT. Banten Global Development. Perubahan anggaran dasar terakhir tercatat pada 31 Oktober 2016.

Segala perubahan dari sisi strategi dan kebijakan lembaga keuangan tersebut ditempuh demi menyesuaikan kebutuhan para nasabah serta mitra. Saat ini, perseroan tersebut menjadi mitra Pemprov Banten untuk membantu pengelolaan manajemen kas daerah. Kemudian, melayani simpanan nasabah, kredit dan jasa lainnya.

Pemegang Saham

Struktur modal dan komposisi saham dengan nilai lebih dari 5 persen per tanggal 4 Januari 2021 adalah sebagai berikut. Pemerintah Provinsi Banten lewat PT Banten Global Development dengan besaran 78,21 persen. Kemudian, milik publik sebesar 21,79 persen. 

Jaringan Kantor dan ATM

Berdasarkan jasa jaringan kantor per 30 Agustus 2022, cabang Bank Banten di indonesia mencapai 105 kantor cabang yang tersebar di seluruh kota-kota besar. Kemudian, 149 jaringan anjungan tunai mandiri (ATM) yang juga tersebut di seluruh penjuru Tanah Air.

Produk

  • Tabungan
  • (Tabungan Harapan, Tabungan Harapan untuk Pensiunan, Tabungan SimPel, Tabungan Sosial Banten/JAMSOSRATU, Tabungan Jawara Bisnis)
  • Deposito
  • Giro
  • Kredit UMKM (Kredit Bangun Tunas dengan plafon Rp5 juta hingga Rp100 juta, Kredit Bangun Mandiri dengan plafon Rp100 Juta hingga Rp250 Juta, Kredit Bangun Sejahtera dengan plafon Rp250 Juta hingga Rp500 Juta)
  • Kredit Konsumer
  • Kredit Pegawai
  • Lelang Agunan
  • Samsat
  • Taspen
  • MPN G2

Yang terbaru, Bank Banten ini baru saja merilis aplikasi Mobile Banking dengan nama Jawara Mobile. Aplikasi memiliki sejumlah fitur yang mampu menjawab kebutuhan nasabah. Yakni, seperti informasi seputar rekening, transfer hingga pembelian dan pembayaran. 

Terdapat sistem keamanan berupa password, kemudian pin dan biometrik yang kuat. Sebagai informasi, hanya dengan melakukan setoran awal dengan nilai Rp50 ribu, Anda sudah bisa memiliki rekening tabungan di Bank Banten.

Nasabah atau perwakilannya bisa menyampaikan keluhan, informasi atau saran lewat customer service, datang ke kantor cabang atau mengirim email ke corporate.secretary@bankbanten.co.id. Pengaduan secara lisan dapat Anda sampaikan lewat call center Bank Banten pada sambungan 1500 410.

Itulah informasi seputar Bank Banten yang perlu Anda ketahui. Bank ini menjadi andalan bagi masyarakat Banten yang membutuhkan layanan keuangan. Semoga artikel ini dapat memberikan wawasan baru untuk Anda dan memberikan referensi seputar layanan perbankan. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *