Kelebihan & Kekurangan VPS, Jenis dan Cara Memilihnya

2 min read

Vps

Sebuah server sangat penting dalam layanan yang berbasis online, terlebih lagi saat ini komunitas vps indonesia sudah mulai tumbuh guna memenuhi kebutuhan dari user online, Vps dapat dijadikan pilihan apabila sistem online yang kalian miliki sudah terasa berat bahkan suka down jika kelebihan pengguna.

Bagi yang belum benar-benar paham apa itu vps? Nah sebelum melangkah dari pengguna layanan cloud biasa ke vps sebaiknya pahami dulu informasi basic mengenai VPS yang akan digunakan sehingga kalian dapat memilih serta memakai server yang sesuai kebutuhan pengguna.

Apa itu VPS?

vps indonesia

VPS berkaitan dengan virtualization technology dimana sebuah physical server akan di bagi menjadi beberapa virtual sistem sehingga nantinya akan dipakai untuk menjalankan sebuah aplikasi bahkan sistem operasi yang berbasis linux maupun windows.

Sebenarnya VPS ini sama dengan server online lainnya seperti hosting, Yang membedakan cuma jika  VPS tidak di bagi-bagi ke pengguna lain, sedangkan hosting di bagi-bagi menjadi beberapa bagian guna dipakai oleh beberapa user.

Kalau VPS kalian bisa leluasa karena  biasanya space lebih besar, baik dari segi prosesor dan penyimpanan.

Dari segi harga juga berbeda, Vps pastinya lebih mahal dibandingkan hosting, hal ini setara berdasarkan performa yang dihasilkan tidak akan mengecewakan.

Klik Disini

Baca Juga : Kode bank BCA: Cara Transfer Ke BRI Dan Bank Lain

Jenis VPS

Layanan vps memiliki 2 tipe, Yang mana pengguna dapat memilih sesuai budget dan kemampuan, setiap tipe memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing , jadi sesuaikan saja dengan kebutuhan server, bila ingin lebih simpel tanpa konfigurasi mandiri maka bisa memilih tipe managed vps hosting, sedangkan bila ingin lebih hemat bisa pilih unmanaged.

1. Managed VPS hosting

Managed Vps artinya Layanan penyedia VPS akan memberikan layanan management dalam mengkonfigurasi server kalian, sehingga seperti yang di bilang tadi, user tidak perlu lagi instal vps sebagaimana mestinya, karena nantinya akan dikelola oleh team dari layanan anda.

Mulai dari backup, instal aplikasi, pembaruan dan monitoring selama 24 jam atau sesuai dengan jenis layanan yang diberikan penyedia.

Jika memang kalian tidak ahli dalam mengelola Vps maka sebaiknya bisa memilih tipe ini, Yang mana pengguna tidak perlu dipusingkan lagi dengan proses instal di server, pasalnya akan dibantu oleh tim terkait.

Selain itu juga efisien dari segi waktu, bayangkan saya apabila kalian belum paham atau mahir dalam penggunaan vps maka proses instal saja akan memakan waktu yang lama, belum lagi eror yang ditimbulkan jika terjadi kesalahan saat proses konfigurasi.

2. UNmanaged VPS hosting

Unmanaged Vps kebalikan dari Managed VPS, Yang mana terkait instalasi server harus dilakukan pengguna sendiri, mulai dari instal Operasi sistem, aplikasi yang dibutuhkan dan pengolahan source dari server.

Jadi semua kebutuhan server kalian harus di konfigurasi sendiri, Jenis ini direkomendasikan bagi yang sudah mahir dalam pengelolaan VPS, lalu bagaimana jika pengguna baru, sangat tidak direkomendasikan, 

Akan tetap kalau hanya untuk pembelajaran untuk proses instal lebih baik memilih tipe unmanaged

Kelebihan dari tipe vps unmanaged yang pasti harganya lebih murah karena tidak ada biaya pengolahan sehingga bisa dibilang lebih hemat, apalagi kalo budget ngepres, kayaknya ini bisa dipilih dengan resiko seperti yang sudah di ulasakan tadi. 

Baca Juga :

Kelebihan VPS

vps indonesia

Selain kelebihan dan kekurangan di masing-masing Tipe Vps juga memiliki kelebihan secara umum bila dibandingkan dengan shared hosting, apa saja kelebihannya nah simak berikut ini.

1. Resource Lebih Besar

Ketika menggunakan VPS pengelolaan bandwidth dan RAM dapat diatur sesuai keinginan sehingga pengguna lebih leluasa dalam mengelolah server yang digunakan baik untuk website maupun aplikasi yang sedang berjalan tanpa khawatir dibagi ke pengguna lain.

2. Performa

Karena VPS bersifat pribadi dan tidak dibagikan ke pengguna lain maka performa dari server akan lebih mumpuni dan cepat sehingga dapat menampung pertukaran data dalam jumlah yang besar, tergantung dari spesifikasi vps yang di pakai.

3. Privasi dan Keamanan

Di layanan vps pengguna akan tetap dapat keamanan yang tinggi, sehingga data yang terdapat di server tidak akan diakses oleh orang lain.

Kekurangan VPS

Sebaik baiknya sebuah server pasti ada juga yang namanya kekurangan, akan tetapi terkadang kekurangan tersebut tidak akan membuat si produk menjadi jelek bila dibandingkan dengan sejumlah kelebihan yang diberikan. Berikut beberapa kekurangan VPS.

  • Harus paham Basic VPS

Jika memang menggunakan vps harus memiliki pengetahuan basic seputar vps, Yang mana jika memilih unmanaged vps setidaknya kalian paham basic comment dalam menjalankan nya.

Pasalnya jika terjadi kesalahan dalam menjalankan perintah pada server vps maka akan berakibat fatal, akan terjadi eror bahkan harus apabila parah harus melakukan instalasi ulang dari awal. 

  • Harga

Bila dibandingkan dengan shared hosting harga vps dapat dikatakan lebih mahal, bisa dikatakan jika memang baru memulai sebuah bisnis yang membutuhkan saver online maka kurang cocok apabila budgetnya masih terbatas.

Kesimpulan

Layanan vps di indonesia sudah sangat marak, sudah banyak perusahaan lokal yang menawarkan jasa penyewaan vps mulai dari yang berserver lokasi indonesia, singapura bahkan hingga eropa sudah tersedia.

Salah satu penyedia VPS yang dapat kalian coba yakni Niagahoster dengan berbagai jenis VPS pengguna dapat support selama 7×24 jam bila ada kendala di layanan.

Pastikan dulu kebutuhan server yang kalian butuhkan sehingga bisa memilih tipe vps sesuai kebutuhan dan tentunya tanpa terkendala baik dari segi budget ataupun pengelolaan, sekian terima kasih.